ELEKTRONIKA DAYA

 photo power suplai_zpstsj4m0ss.jpg
Bentuk catu daya

Power supply adalah bagian penting di dalam peralatan elektronika yang bertugas sebagai pengedia daya listrik.
Hal yang harus diperhatikan di dalam merancang power suplai adalah berapa daya listrik yang dibutuhkan oleh alat yang dibuat agar dapat bekerja secara optimal. Seperti nilai tegangan suplai, arus yang diperlukan, polaritas tegangan hingga jumlah input daya yang disediakan.
Di dalam ilmu elektronika, pembahasan secara khusus mengenai perancangan power suplai dibahas di elektronika daya




Berdasarkan karakteristik keluaran tegangannya. Power Suplai dibagi menjadi 4 jenis
1. DC - DC konverter
2. AC - DC konverter (Rectifier / penyearah)
3. DC - AC konverter (Inverter)
4. AC - AC konverter (Oscilator)

DC- DC konverter adalah salah satu jenis suplai daya yang berfungsi untuk mengubah nilai tegangan DC menjadi tegangan DC lagi. Tegangan keluaran bisa naik atau bisa turun konverter ini berbeda dengan teknik pembagi tegangan atau dengan penguat Opamp. Dimana perubahan nilai tegangan ini disertai dengan perubahan daya. Hal inilah yang membedakannya dengan teknik pembagi tegangan atau dengan teknik penguat opamp

AC - DC konverter (rectifier / penyearah) adalah jenis suplai daya yang mengubah tegangan AC - DC. jenis power suplai ini adalah jenis yang paling banyak dibuat dan paling banyak tersedia di berbagai alat elektronik. Sesuai dengan namanya alat ini mengubah arus bolak-balik yang berasal dari PLN menjadi arus searah. rangkaian utama dari rangkaian penyearah ini adalah jembatan dioda.

DC - AC konverter (inverter) merupakan kebalikan dari rectifier. Alat ini berfungsi mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik. Contoh penggunaan inverter adalah pada PLTS. Dimana energi listrik DC yang dihasilkan oleh sel surya disimpan pada baterai kemudian ketika akan digunakan listrik DC ini diubah menjadi arus AC dengan tegangan 220 V sesuai dengan spesifikasi kebutuhan listrik rumah tangga.

AC - AC konverter (cycloconverter) adalah jenis suplai daya yang berfungsi mengubah tegangan AC menjadi AC lagi baik nilai tegangan puncaknya maupun frekuensi tegangan yang diubahnya.

Oldest